Senin, 06 Juli 2015

Sekilas Tentang Taokuan Mojokerto

-Bagian depan Taokuan-

Taokuan Mojokerto bernama Tempat Ibadah “Cinta Kasih” atau dalam Bahasa Tiong Hoa disebut dengan “Ci Ai Dao Guan” (慈爱道观)  (baca : Je Ai Tao Kuan). “Ci Ai” berarti Cinta Kasih, sedangkan “Dao Guan” adalah sebutan untuk tempat ibadah bagi umat Tao. Dulunya, satu-satunya Tao Kuan di Kota Mojokerto, Jawa Timur ini bernama Bo Ai Dao Guan (博爱道观)”. Makna dari nama tersebut adalah persaudaraan yang tidak pernah memandang kaya miskin, tua muda, besar kecil, maupun tinggi rendah derajatnya, namun memiliki rasa saling mengasihi, menyayangi, mencintai, membantu, gotong royong, dan mengerti satu sama lain. 





-Bagian dalam Taokuan-

Sebelum berdiri sendiri, aktivitas PUTI di Mojokerto yang dipimpin oleh Se Xiong Chen Zhen Quan (陈振銓) dan Se Jie Xie Jin Niang (謝金娘) berpusat di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Fu Shan Gong (福善宫), Mojokerto. Terhitung mulai tanggal 15 Mei 2003, semua kegiatan PUTI di pindahkan ke tempat milik seseorang Tao Yu, di Jalan Letkol Sumarjo no 89 , Mojokerto. Tempat ini tidak begitu jauh dengan TITD Fu Shan Gong (福善宫).

-Se Jie Xie Jin Niang (kiri) & Se Xiong Chen Zhen Quan (kanan)-

Seiring berjalannya waktu, atas berkah dari Tian Gong Tuhan YME, Mahadewa Tai Shang Lao Jun, dan para Dewa-Dewi, tempat tersebut direnovasi pada Mei 2010.  Renovasi ini selesai pada Agustus 2010. Dengan dihadiri oleh tak kurang dari 400 Tao Yu dari berbagai kota (Mojokerto, Jombang, Mojoagung, Kediri, Malang, Surabaya, Lampung, Medan, Wonosobo, Magelang, Sukorejo (Kendal), Semarang, dll), Ci Ai Dao Guan diresmikan oleh Sesiong Lie Ping Sen dari Lampung pada tanggal 10 Agustus 2010.

-Altar Utama-
Kini, Shen Xiang atau Arca Dewa/i di Taokuan Mojokerto antara lain :
1. Yang Mulia Mahadewa Tai Shang Lao Jun

2. Er Lang Shen

3. Jiu Tian Xuan Nu

4. Guan Shen Di Jun / Guan Gong

5. Guan Shi Yin Da Shi / Guan Yin Niang Niang

6. Bao Sheng Da Di

7. Zu Sheng Niang Niang

8. Cai Shen Ye

9. San Jiao Zhen Ren

10. Yue Xia Lao Ren & Hou He Er Xian





1 komentar:

  1. Taokuan-nya memang kecil... Tapi isi nya jangan ditanya... Kompak & rukun... Belum lagi perjuangan SS dan SC nya utk mempertahankan kelangsungan berjalannya Taokuan bgt menginspirasi..
    Saya percaya Taokuan-Taokuan lain juga sama kerennya...
    XIE SHEN EN... :D

    BalasHapus